Senin, 18 April 2016

TEORI RCA DALAM DIAGRAM FISH BONE

Berikut adalah contoh beberapa kejadian yang mengalami teori fish bone RCA
Silahkan di simak guyyssss.... :) . Semoga bermanfaat...


1.      PT .SONY INDONESIA
Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940-an. Seiring dengan berkembangnya Sony sebagai perusahaan internasional yang besar, ia membeli perusahaan lain yang mempunyai sejarah yang lebih lama termasuk Columbia Records (perusahaan rekaman tertua yang masih ada, didirikan pada tahun 1888).Ketika Tokyo Tsushin Kogyo sedang mencari nama yang sudah diromanisasi (bukan dalam bahasa maupun tulisan Jepang) untuk memasarkan perusahaan mereka, mereka mempertimbangkan dengan kuat untuk menggunakan singkatan mereka, TTK. Alasan mereka tidak memilihnya adalah karena ada perusahaan kereta api Tokyo Kyuko yang saat itu dikenal sebagai TKK.Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang merupakan akar dari sonik dan bunyi, dan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan.
Berikut beberapa faktor penyebab menurunnya PT SONY Indonesia :
-          Ketersediaan Barang
Mengapa salah satu faktornya adalah ketersediaan barang ? karna SONY adalah salah satu perusahaan yang salah satu pusatnya atau pabriknya adalah dijepang, itu yang menyebabkan salah satu faKtor menurunnya SONY  itu sendiri dan banyak permintaan barang dari customer yang selalu indent maka dari itu minat customer  berkurang  akibat susahnya barang terhadap customer  tersebut.

-          Promosi
Mengapa promosi salah satu penyebabnya ? Karna dari segi promosi  pihak sony sendiri  belum begitu berani menawarkan promosi yang sangat menjanjikan dibandingakan dengan pesaing mereka. Itu yang menyebabkan menurunnya intensitas produk Sony.

-          Harga
Mengapa harga salah satu penyebabnya ? Karna harga sony itu sendiri sangat mahal dikarnakan mereka mempunyai brand images jepang, itu yang menyebabkan harga Sony dimata customer  begitu diperhitungkan dibandingkan dengan pesaing mereka yang harganya jauh lebih murah.

-          Karyawaan
Mengapa karyawan salah satu penyebabnya ? Karna dari segi SDM maupun karyawan , Sony sangat menimalisir banyaknya karyawan sehingga memperlambat suatu proses produksi yang
lama kelamaan akan menurunkan daya saing perusahaan itu sendiri.




2.       PT  PANASONIC GOBEL INDONESIA
Dengan semangat nasionalisme untuk membuat sebuah alat komunikasi bagi bangsa Indonesia, pada tahun 1954 Drs. H Thayeb Moh.Gobel mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang merupakan pelopor dari Pabrik Radio Transistor pertama di Indonesia dengan brand “Tjawang”.Tahun 1957, Drs, Thayeb Moh Gobel menerima beasiswa Colomba Plan dimana dia melanjutkan studi ke Jepang dan bertemu dengan Mr. Konosuke Matsushita, pendiri dari Masushita Electric Indrustrial Co.Ltd. Pada tahun 2004, merek “National “ bertransformasi menjadi “Panasonic” dan nama perusahaan juga berganti menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia. Panasonic menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia. Berbagai macam produk elektronik yang dijual meliputi digital AV, kesehatan dan kecantikan, komunikasi, kehidupan pusat inovasi, peralatan rumah, AV profesional, dan solusi bisnis.
       Berikut beberapa faktor penyebab menurunnya PT PANASONIC GOBEL INDONESIA  :
-          SDM
Mengapa salah satu factor penyebab menurunnya adalah SDM ? karna pada dasarnya perusahaan Panasonic itu sendiri meminimalisir suatu karyawan untuk mengurangi dan mencegah margin yang kecil sehingga Panasonic meminimalisir  dibagian SDM tersebut sehingga barang Panasonic tersebut tetap mempunyai nilai yang tinggi.

-          Dolar
Mengapa salah satu factor penyebab menurunnya Panasonic adalah dolar ? karna dampak melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar sangat mempengaruhi harga jual barang itu sendiri. Karna pada dasarnya panasonic adalah barang import yang dibeli melalui dolar.

-          Produksi
Mengapa salah satu factor penyebab menurunnya Panasonic adalah produksi ? karna factor produksi adalah factor utama dari perusahaan itu sendiri. Dimana perusahaan itu sendiri memproduksi dengan lamban atau tidak efektiv akan menurunkan nilai penjualaan terhadap perusahaan tersebut begitu pun dengan Panasonic.

-          Kompetitor
Mengapa saah satu penyebab menurunnya Panasonic adalah kompetitor ? karna kompetitor adalah suatu pesaing yang harus diperhatikan oeh Panasonic dan kompetitor mereka kebanyakan memegang brand korea. Contohnya Samsung dan LG yang penjualannya melebihi brand jepang salah satunya Panasonic.






3.       SHARP INDONESIA

Tokuji Hayakawa dilahirkan pada tahun 1893 di Tokyo, Jepang. Tokuji Hayakawa merupakan pendiri dari perusahaan elektronik asal jepang bernama SHARP. Tokuji Hayakawa terlahir dalam keadaan yang amat sulit dalam kondisi kemiskinan yang dimiliki oleh keluarganya, Tokuji Hayakawa kemudian diadopsi oleh keluarga Sato. Ia mendengar kenyataan bahwa Ia diadopsi tidak sampai dewasa. Dia kemudian meninggalkan sekolah dasar setelah kelas dua dikarenakan kondisi keluarganya yang amat miskin, dan ia kemudian magang ke pembuat ornamen logam. Dia bekerja dengan rajin dan baik dengan tujuan untuk meningkatkan keahliannya dalam bidang logam dan pemahaman tentang perdagangan dan penjualan, karena keuletan dan kerja kerasnya, ia mendapatkan kepercayaan dari bosnya.
Berikut beberapa faktor penyebab menurunnya PT SHARP  INDONESIA  :
-          Kinerja
Mengapa kinerja menjadi salah satu factor penyebab menurunnya sharp  ? karna pada dasarnya brand jepang lebih mengutamkan kultur atau kebudayaan yang tidak mementingkan perkembangan teknologi masa depan. Mereka lebih mengutamakan kultur mereka sendiri.

-          Keuangan
Dari segi keuangan sharp mengalami kerugian akibat jatuhnya harga flat panel tv dan menguatnya yen dapat merugikan penjualan dan keuangan sharp karna pada saat itu rupiah sangat lemah.

-          Krisis global
Factor krisis global sangat berpengaruh besar kepada turunnya perusahaan sharp itu sendiri dan disetiap krisis global hampir semua perusahan mengalami colaps. Dan factor krisis global sangat mempengaruhi keuangan pada setiap daerah.

-          Pesaing
Sharp mempunyai banyak pesaing yang memberikan harga yang jauh lebih murah dan kualitas tetap yahuuuuuuuud. Perusahaan yang  memberikan harga sangat terjangkau kebanyakan dari perusahaan cina dan korea contohnya Samsung dan LG.





4.       TOSHIBA

Toshiba adalah perusahaan Jepang yang memproduksi dan memasarkan berbagai peralatan listrik dan produk elektronik yang canggih, yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Toshiba dinilai sebagai perusahaan no 7 dunia untuk produsen terintegrasi untuk peralatan listrik, elektronik dan sebagai pembuat chip. Toshiba Semikonduktor termasuk 20 besar pemimpin penjualan semikonduktor di dunia.
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan “TO” dan “SHIBa” maka lahirlah merek Toshiba. Pada tahun 1984 perusahaan itu resmi berubah menjadi Toshiba Corporation. Grup ini makin kuat melalui pertumbuhan internal dan melalui akuisisi perusahaan rekayasa alat berat dan perusahaan industri primer pada 1940-an dan 1950-an. Kemudian pada 1970-an dan seterusnya, anak perusahaan mulai didirikan, yaitu: grup Toshiba Lighting & Teknologi (1989), Toshiba Carrier Corporation (1999), Toshiba Elevator & Building System Corp (2001), Toshiba Solutions Corp (2003), Toshiba Medical Systems Corp (2003) dan Toshiba Materials Co Ltd (2003).

Berikut beberapa faktor penyebab menurunnya PT  TOSHIBA :

-          Konsumen
Konsumen berperan penting dalam sebuah perusahaan dimana konsumen adalah nyawa bagi sebuah perusahaan itu sendiri  di dalam Toshiba ada beberapa pelayanaan purna jual yang membuat beberapa konsumen dikecewakaan. Maka dari itu layanaan purna jual mempengaruhi tingkat konsumen pada sebuah perusahaan salah satunya Toshiba.

-          Public atau factory
Penutupaan perusahaan Toshiba factor utamanya sebenarnya adalah daya beli masyarakat yang turun dan berimbas pada produksi, sehingga daya produksi menurun yang menyebabkan pabrik perusahaan tersebut dapat tutup sehingga tidak dapat memproduksi barang dan tidak dapat menjual barang. Begitupun yang dialami Toshiba.

-          Ekonomi global
Pelemahaan ekonomi global atau ekonomi dunia ikut mempengaruhi investasi di sector manufaktur Indonesia. Hal ini dirasakaan perusahaan raksasa asal jepang yaitu Toshiba. Dimana pada saat mengalami penurunaan ekonomi global dunia Toshiba ikut merasakannya.

-          Kompetitor
Para pesaing saat ini tidak ada henti hentinya mengeluarkan teknologi yang jauh lebih baik dan canggih dibandingkan dengan Toshiba. Dimana soal fitur dan teknologi Toshiba mampu dibalap oleh perusahan korea yang besar yaitu Samsung dan LG.








5.       SANYO

Sanyo merupakan sebuah perusahaan Jepang yang menghasilkan berbagai macam produk elektronik. Bermarkas di Moriguchi, Osaka, Jepang. Didirikan pada tahun 1949. Perusahaan ini mempekerjakan 14.137 pekerja pada tahun 2006.
Berikut beberapa faktor penyebab menurunnya PT  SANYO:
-          Konsumen

Sebuah perusahaan harus mampu menangkap kebutuhan konsumen agar layanan atau produk yang diberikan diterima pasar. Namun, jika hal itu diabaikan apa yang dihadirkan perusahaan akan sia-sia karena tidak dapat diserap konsumen akibat tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satunya adalah perusahaan sanyo.

-          Kurang mengamati pergerakan kompetitor

Kurang mengamati pergerakan kompetitor akan menyebabkan sebuah perusahaan kalah bersaing dan tertinggal jauh di belakang. Sebuah perusahaan harus tetap memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan kompetitor. Begitupun dengan sanyo yang kalah bersaing dengan brand brand ternama di korea misalnya Samsung.
-           








6.       MOTOROLA
merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi. Didirikan pada tahun 1928 dengan nama Ludwig van Beethoven and Johannes Brahms. Bermarkas di Schaumburg, Illinois. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk-produk telekomunikasi. Mempekerjakan 66.000 pekerja pada tahun 2006. Setelah kehilangan $4,3 miliar dari tahun 2007 hingga 2009, perusahaan ini dibagi menjadi dua perusahaan publik yang independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions pada tanggal 4 Januari 2011.[6] Motorola Solutions umumnya dianggap menjadi penerus langsung ke Motorola, Inc, karena reorganisasi itu terstruktur dengan Motorola Mobility yang dipisahkan.
Kenapa Motorola mengalami penurunan ?
Masalah utama yang dihadapi Motorola saat ini adalah tidak pernah mempunyai produk yang berhasil menggebrak pasar sejak memperkenalkan Razr ultra tipis pada 2004. Lebih parah lagi, perusahaan ini telah salah mengartikan perubahan paradigma di pasar ponsel. Konsumen telah berpindah dari fitur tradisional semacam Razr, ke ponsel yang lebih menawan semacam smartphone iPhone.
Meskipun begitu, Motorola memang tidak mengabaikan smartphone. Perusahaan ini memperkenalkan ponsel yang bertenaga dengan dilengkapi Windows Mobile bernama Motorola Q. Namun pesaing baru semacam Apple dengan iPhone dan Research in Motion dengan BlackBerry, telah secara jelas mencuri arena pertunjukan Motorola dan mendapat perhatian lebih dari penonton di kategori smartphone.
"Pasar bergerak karena dua produk perusahaan itu. Hanya tertinggal sedikit pertumbuhan di ponsel standar. Dan jika berfikir tentang smartphone, maka yang terlintas adalah iPhone dan BlackBerry. Tidak akan memikirkan Motorola Q." (bn)
1.     Blackberry
BlackBerry adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, BlackBerry. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel
Kenapa blackberry kalah bersaing dengan kompetitor lainnya ?
Sekarang ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perusahaan ponsel terbesar di Kanada sedang dilanda masalah besar. Bahkan pihak BlackBerry sudah mengeluarkan pernyataan yang membenarkan bahwa perusahaannya memang sedang dalam masalah besar. Pernyataan tersebut menyatakan bahwa pihak BlackBerry tidak akan mampu besaing dengan Apple dan juga Android di pasar Internasional.

BlackBerry memberikan pernyataan tambahan bahwa permintaan konsumen mengalami penurunan pada tahun 2013 ini. Hal ini  menjelaskan mengapa BlackBerry mengaku kalah bersaing dengan Android dan Apple. Kerugian BlackBerry mencapai US$ 1 milyar, sehingga perusahaan mengambil keputusan untuk memecat 40 % karyawannya dan mengganti strategi perusahaan. Bahkan Blackberry pun menjual secara langsung perangkat miliknya pada website resmi perusahaan tersebut.Yang sedang dilakukan BlackBerry saat ini adalah mementingkan konsumen bisnis dibanding dengan konsumen akan perangkat miliknya. Selain itu BlackBerry sendiri sudah mempertimbangkan berbagai penawaran dari beberapa perusahaan besar seperti LG, Samsung, Google, Cisco, Fairfax serta Cerberus. Dari beberapa perusahaan tersebut tidak muncul nama Apple, sehingga kemungkinan besar BlackBerry akan jatuh ke tangan Google untuk bersaing dengan Apple.


Demikian yang dapat kami posting,sekira nya di maklumi,karna kami masih belajar dan masih ingin banyak belajar.

Terimak Kasih, Semoga Bermanfaat untuk kalian guyyyyyssss....

Salam,

DANU&IMAM.











1 komentar:

  1. Casino Bonus - DRMCD
    Casino Bonuses 통영 출장마사지 and promotions. Our 김천 출장샵 Casino Bonus FAQ. The most important thing to note here is that the Casino Bonus is 순천 출장안마 subject to the What is a Casino Bonus?Is a 김포 출장안마 Casino Bonus Different 여주 출장샵 to Casino Bonuses?

    BalasHapus